Kesehatan

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Setiap hari

Hidup sehat

Tubuh yang sehat adalah keinginan semua orang termasuk Anda bukan? Kesehatan adalah harta yang sangat berharga karena kesehatan itu mahal. Jika kita sakit, kita membutuhkan dokter dan obat-obatan untuk menyembuhkan rasa sakit, oleh karena itu sehat adalah hal yang sangat mahal. Kita tidak akan merasa nyaman meski kita memiliki kekayaan dan kekayaan yang melimpah jika tubuh kita tidak sehat maka kita tidak bisa menikmati hidup.

Sebenarnya Tuhan menciptakan kita dalam bentuk dan kondisi terbaik daripada makhluk lainnya. Kita telah diciptakan dengan sebaik-baiknya sehingga kita harus tetap dengan usaha keras juga agar tubuh kita tetap sehat. Dalam gaya hidup modern saat ini orang yang mengikuti zaman belum tentu gaya hidup sehat. Banyak orang melakukan gaya hidup yang kurang baik untuk kesehatan tubuhnya. Gaya hidup meliputi diet, tidur, dan olahraga yang jarang dilakukan.

Bahaya Gaya Hidup Tak Sehat

Pola makan yang buruk dan mengkonsumsi makanan tidak sehat tanpa aturan menyebabkan tubuh menjadi tidak sehat. Orang lebih suka makan makanan instan dan instan karena banyak orang terlalu sibuk dengan aktivitas dan kerja mereka sehingga makanannya tidak teratur. Mereka mengonsumsi makanan tanpa mempertimbangkan kandungan yang terkandung dalam makanan. Kebiasaan buruk juga bisa menjadi penyebab tubuh Anda tidak sehat seperti kebiasaan tidur larut malam dan kebiasaan lainnya seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat.

Mulai sekarang mari kita lakukan hidup sehat dengan melakukan hal-hal yang bisa menjaga tubuh kita tetap sehat. Cara menjaga tubuh agar tetap sehat bisa menjadi cara modern atau alami. Anda juga bisa melakukan hal-hal kecil yang mudah namun akan memiliki efek penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh Anda:

1. Isi makanan berserat

Tubuh membutuhkan makanan yang mengandung serat agar tubuh tidak menyerang bakteri, serat juga berfungsi untuk merangsang kelancaran pengeluaran kotoran dari tubuh kita melalui aktivitas saluran usus. Kotoran dalam tubuh kita akan mudah dilepas jika kebutuhan serat terpenuhi. Jika kotoran di tubuh sulit dikeluarkan karena kekurangan serat, kotoran di tubuh bisa menumpuk sehingga bisa beracun di tubuh dan menyebabkan penyakit. Memenuhi kebutuhan tubuh Anda dengan serat yang cukup. Makanan yang mengandung serat tinggi meliputi:

Buah Kiwi – Kiwi adalah buah yang mengandung serat tertinggi dibanding buah lainnya. Kandungan serat pada buah kiwi 3,0 gram / 100 gram serat. Anda bisa mengonsumsi kiwi dengan jus atau membuat menu lain yang Anda sukai seperti sup buah. Untuk menghindari kebosanan dengan hanya memakan buah kiwi secara langsung.

Baca Juga:  Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Kacang merah – Kacang merah juga termasuk makanan yang mengandung serat tinggi. Selain kacang merah serat tinggi mengandung protein dan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan.

Buah alpukat – Alpukat mengandung serat tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan bisa menurunkan kolesterol. Buah ini bisa dikonsumsi dengan berbagai menu seperti juz, dimakan dengan susu, es buah dan menu seseai lainnya sesuai selera Anda.

Jagung – Jagung adalah makanan yang bisa menggantikan nasi atau makanan pokok karena kandungan karbohidrat di dalamnya. Selain makanan yang mengandung karbohidrat, jagung mengandung serat yang cukup tinggi. Jagung bisa dikonsumsi dengan sayuran, puding, atau cemilan seperti popcorn.

Kacang – Kacang termasuk sayuran yang mengandung serat tinggi. Selain mengandung biji kopi tinggi juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan dan mencegah serangan jantung atau kanker penyakit jantung.

Oatmeal – Oatmeal adalah makanan yang mengandung serat tinggi. Konsumsi oatmeal untuk sarapan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Oatmeal juga merupakan diet kaya serat dengan tipe khusus sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serat yang bernama beta glucan.

Kacang polong – Kacang polong adalah sejenis kacang yang mengandung serat tinggi. Secangkir kacang polong mengandung 16,3 gram serat.

2. Sarapan sebelum pukul 9

Sarapan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Telah disepakati oleh beberapa ahli bahwa sarapan yang terbaik adalah sarapan pagi sebelum jam 9 pagi. Sarapan sangat penting karena di pagi hari kondisi perut kita kosong karena sudah diproses saat kita beristirahat di malam hari yaitu sekitar 7 sampai 8 jam.

Sarapan adalah sumber energi kita untuk aktivitas siang hari. Meninggalkan sarapan bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah, lesu, kurang kuat dan sulit dipikirkan. Pada anak sarapan pagi bisa meningkatkan kekuatan dan kecerdasan dalam berpikir sehingga bisa meningkatkan prestasi belajar. Sarapan pagi bisa memenuhi kebutuhan energi sebanyak 15 sampai 30% kebutuhan energi dan gizi harian. Selain memenuhi kebutuhan energi tubuh sarapan ternyata juga mampu mencegah obesitas dan hipokolesterol.

Baca Juga:  4 Cara Terbaik Untuk Merawat Wajah Agar Terlihat Tetap Awet Muda

3. Makan makanan sehat 4 sempurna 5

Isi tubuh Anda untuk mendapatkan makanan sehat yang sempurna. 4 makanan sehat yang sempurna termasuk nasi, lauk pauk, sayuran, buah dan susu. Beras yang setelah dimasak dinamakan nasi merupakan salah satu makanan pokok sumber karbohidrat, lauk pauk merupakan sumber protein, sayur sumber mineral dan buah sumber vitamin. Susu sebagai makanan yang sempurna untuk menambah energi dan memenuhi kebutuhan tulang kita.

Untuk mendapatkan menu makanan sehat 5 sempurna 5 tidak harus mahal. Banyak buah, sayuran dan lauk sehat bisa dibeli dengan harga terjangkau. Tak perlu mahal kebutuhan nutrisi penting dari kebutuhan tubuh manusia terpenuhi dengan sempurna agar tubuh tetap sehat.

4. Jagalah kebersihan dan kebersihan makanan

Semua makanan yang Anda konsumsi harus tetap bersih. Makanan seperti buah dan sayuran dicuci sebelum Anda mengkonsumsinya. Jika memasak makanan Anda, masaklah dengan sempurna. Makanan yang belum matang yang beresiko tinggi masih mengandung bakteri yang bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda.

5. Hindari makan terlalu sering makanan instan

Makanan instan memiliki keunggulan praktis yang disajikan dan enak namun memiliki efek negatif lebih bagi kesehatan. Makanan instan sangat ramah bagi mereka yang sibuk dengan kegiatan dan pekerjaan seperti pekerja kantor atau siswa. Salah satu makanan instant yang mudah disajikan adalah mie instan. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak mi instan karena banyak zat kimia di dalamnya seperti sodium polyphosphate, sodium carbonate, potassium carbonate, zat lilin dan pewarna makanan sehingga semua zat ini tidak baik jika terlalu sering masuk ke tubuh kita.

Kami tidak bermaksud seharusnya tidak mengkonsumsi makanan instan tapi jangan terlalu sering, maksimal seminggu sekali. Dalam memasak mie instan juga dengan cara yang tepat agar tidak memasak bumbu mie di api yang membakar tapi taburi bumbu saat mie sudah dimasak dan di piring. Saat memasak mie masak diganti dengan yang baru, karena mie mengandung lilin sehingga hasil masakan mie mengandung banyak lilin dan jika masuk ke dalam tubuh akan berbahaya.

Nah mulai sekarang biasakan pola hidup sehat agar tubuh tetap terjaga kesehatannya dan mengurangi atau mencegah sakit yang akut.

Comments
To Top