Unik

Fakta Unik Kaviar, Makanan Mahal Favorit Orang Kaya dan Selebriti

Makanan Mahal

Pernahkah Anda melihat makanan dengan butiran berwarna oranye atau hitam di atasnya? Nah, itu kaviar. Kaviar adalah telur ikan yang diperoleh dari spesies ikan sturgeon. Saat ini, kaviar memasuki jajaran makanan mewah yang cukup sulit ditemukan.

Ukurannya hanya biji kecil. Sekilas tentu tidak terlihat spesial. Tapi beberapa konglomerat dan selebriti dunia hanya menyukainya. Kemewahan kaviar bukanlah hal baru. Menjadi salah satu saksi peradaban manusia, berikut tujuh fakta unik tentang kaviar.

1. Salah satu makan tertua di dunia

Jauh sebelum kaviar menjadi hidangan utama pada perjamuan kerajaan dunia, makanan ini telah menjadi target sejak Yunani kuno. Perburuan kaviar sudah ada sejak zaman nenek moyang sampai hari ini. Jadi kaviar dinobatkan sebagai makanan tertua yang disandingkan dengan tiram.

2. Diperoleh dari laut dalam

Keberadaan kaviar tidaklah mudah. Bersumber dari ikan sturgeon, biasanya kaviar baru bisa didapat setelah menyelam ke laut dalam. Perburuan kaviar ini bahkan mengancam populasi ikan sturgeon. Spesies ikan dengan panjang 13 kaki ini masuk dalam kategori hewan yang terancam punah.

3. Rusia, negara pertama yang mengenalkan kemewahan kaviar

Baca Juga:  Wow Gaun Ini Berbahan Karet Gelang dan Terjual dengan Harga 3.5 Miliar

Kaviar dan Rusia adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Padahal, Rusia dinobatkan sebagai negara yang mempelopori popularitas kaviar. Keberadaan kaviar sebagai makanan yang sangat berharga berasal dari kepentingan bangsawan pada periode Batu Khan (1205 – 1255).

Pemimpin Mongolia saat itu telah memesan jamuan makan dengan menu kaviar. Generasi Genghis Khan sangat menghargai keberadaan telur ikan.

4. Sajikan segar tanpa memasak

Tekstur kaviar unik, berbutir tapi akan mencair setelah masuk ke mulut. Rasanya seperti telur ikan pada umumnya, sedikit mencurigakan, dan enak. Peringatan utama kaviar adalah suhu ekstrim yang terlalu panas atau dingin. Kelebihan suhu akan merusak tekstur. Makanya di setiap porsi, kaviar akan dibiarkan segar tanpa dimasak.

5. Kaya akan nutrisi

Ngomongin tentang nutrisi, kaviar adalah makanan yang paling tepat. Satu 10 gram atau satu sendok teh kaviar mampu memenuhi kebutuhan vitamin B-12 orang dewasa. Belum lagi kadar kalori, lemak, karbohidrat, protein, serat, dan sodium berlebih.

Makanan ini sangat baik untuk perkembangan otak anak, daya tahan tubuh, dan antioksidan yang baik dalam melawan pertumbuhan tumor dan kanker.

Baca Juga:  Foto Selfie ini Jadi Viral! Dia tidak menyadari ada sesuatu yang terbang di belakangnya!

6. Jangan ditampung dalam wadah logam

Selain kemewahan, makanan ini cukup “rewel”. Yup, kaviar sebaiknya tidak disajikan menggunakan wadah logam. Sebab, akan merusak rasa aslinya. Jadi biasanya, kaviar disajikan dengan gelas dan wadah kayu.

7. Harga yang fantastis

Faktor utama yang membuat kaviar dijual dengan harga fantastis adalah sulitnya mendapatkan telur ikan. Karenanya, keberadaan kaviar tidak mudah didapat sepanjang tahun. Ada waktu tertentu untuk mendapatkannya, tergantung suhu dan kondisi alam.

Selanjutnya, yang membuatnya lebih mahal adalah proses pemanenan ikan purba ikan gurami serta pengolahannya yang detil. Hal ini dimaksudkan agar kualitas kaviar tetap segar. Biasanya proses ini dari waktu ke waktu selama berbulan-bulan.

Dikutip dari Amazon, harga kaviar rata-rata Rp35 juta per 250 gram. Itu tidak termasuk jenis kaviar terbaik, seperti beluga yang harganya mencapai ratusan juta rupiah.

Setelah mendengarkan fakta di atas, mengkonsumsi kaviar sekali dalam seumur hidup jadi resolusi kamu nggak? Atau setelah ini kamu berniat membuka usaha penjualan kaviar?

Comments
To Top