Unik

Inilah 5 Danau Paling Mematikan di Dunia

Danau Nyos

PODOSINAU.COM – Danau biasanya digunakan sebagai sarana rekreasi, wisata, dan olahraga. Sebagian besar danau adalah air tawar dan juga terletak di belahan bumi utara di tempat yang lebih tinggi. Istilah danau juga digunakan untuk menggambarkan fenomena seperti Danau Eyre, di mana danau kering dalam banyak waktu dan hanya diisi selama musim hujan.

Banyak danau buatan dan sengaja dibangun untuk pasokan listrik hidro, rekreasi (berenang, selancar angin, dll.), Pasokan air, dll.

Tetapi ada juga beberapa danau di dunia ini yang dianggap berbahaya untuk dijadikan tempat rekreasi, bahkan disebut-sebut sebagai danau yang mematikan.

1. Danau Nyos, Kamerun

Danau Nyos adalah salah satu dari tiga danau di Bumi di mana gas CO2 hadir dalam air dan mengubahnya menjadi asam karbonat yang merupakan senyawa kimia yang mematikan.

Pada tahun 1986 (seperti dijelaskan di atas), ketika danau ini meledak karena senyawa kimia yang terkandung dalam air bereaksi karena telah terkumpul dengan padat.

Ini seperti gas CO2 yang terperangkap di air, seperti gabus dalam botol sampanye yang akan meledak dengan cepat ketika tekanan dalam botol cukup tinggi.

Baca Juga:  5 Inspirasi Desain Undangan Pernikahan Unik

Dimana pada saat itu, ribuan penduduk desa kehilangan nyawa mereka dan ribuan hewan ternak.

2. Danau Yellowstone, AS

Pada tahun 2003, para ahli memetakan Danau Yellowstone yang merupakan wilayah gunung berapi yang sangat aktif.

Di sana mereka menemukan kubah 100 kaki di Mary’s Bay, ada bahaya nyata dari apa yang dikenal sebagai ledakan hidrotermal.

Sejauh ini, bukti 25 ledakan telah terjadi dalam 25.000 tahun terakhir, tetapi jika itu terjadi lagi maka, 100.000 galon air mendidih akan meledak dan menyebabkan gelombang pasang dan berpotensi mematikan.

3. Danau Horseshoe, California, AS

Danau Horseshoe, dekat kota Mammoth Lakes, California, adalah pembunuh yang sunyi. Danau itu sangat indah tetapi juga sangat mematikan.

Ini karena kandungan CO2 yang terkandung dalam air danau mencapai 95% lebih besar dari lingkungan sekitarnya sehingga, jika ada api di sekitar tepi danau akan ada ledakan eksplosif yang cukup.

Pada tahun 2006, ada 3 orang yang membuat api unggun di tepi danau menjadi korban karena ledakan yang disebabkan oleh pemicu kebakaran.

Baca Juga:  Ini Dia Hotel Berbentuk Kapsul yang Unik di Surabaya

4. Danau Mono, California, AS

Danau Mono adalah danau yang menakjubkan, danau yang sehat sampai tahun 1940-an di Los Angeles karena perubahan sistem irigasi maka kondisi danau berubah.

Menurut PBS, “salah satu danau tertua di Amerika Utara, dalam waktu singkat, menjadi danau alkali beracun yang mengandung klorida, karbonat, dan sulfat.”

Yang untuk periode 20 tahun, danau ini tidak bisa digunakan karena dalam tahap netralization.

5. Danau Mount Rainier Crater, Washington, USA

Di puncak gunung ada kawah besar yang selalu tertutup es dan salju. Danau hanya dapat dicapai melalui gua bawah tanah.

Hanya 70 mil dari Seattle, gas vulkanik yang ditemukan di danau adalah ancaman bagi 100.000 orang.

Karena air di danau itu menciptakan asam sulfat sehingga jika dikombinasikan dengan gas vulkanik yang berada di sekitar puncak gunung akan sangat berbahaya.

Nah itulah 5 danau mematikan didunia, kalau untuk liburan dan rekreasi sebaiknya pilih danau yang aman aja ya!

Comments
To Top