Unik

Inilah Hewan yang Telah Ada Sejak Jutaan Tahun Lalu dan Masih Ada Hingga Sekarang

Hewan Purba

Ternyata selain para dinosaurus, ada hewan – hewan di masa sekarang yang telah hidup sejak jutaan tahun lalu, bahkan mungkin telah hidup sejak para dinosaurus dan hewan prasejarah lainnya masih menguasai permukaan bumi ini, yang mungkin tidak akan kita duga sama sekali. Berikut adalah Hewan yang Telah Ada Sejak Jutaan Tahun Lalu dan Masih Ada Hingga Sekarang.

Burung Flamingo (18 Juta Tahun Yang Lalu)

Fakta mengenai burung flamingo ini didapat setelah adanya penemuan sarang purba beserta lima buah telur dan fosil di hamparan batuan kapur di Spanyol, dimana diperkirakan kalau hamaran batu ini dulunya adalah sebuah danau yang cukup besar di era Miosen. Setelah diteliti, para peneliti mempercayai bahwa sarang purba ini adalah milik nenek moyang dari burung flamingo yang berumur 18 juta tahun.

Scan mikroskopis menunjukan kalau lima telur purba tersebut sangatlah mirip dengan telur burung flamingo dimasa sekarang, namun ada beberapa perbedaan yang didapatkan antara flamingo purba ini dengan flamingo sekarang. Sarang flamingo purba dibuat dengan kumpulan ranting dan dedaunan, sedangkan flamingo sekarang membuat sarang dengan kumpulan lumpur saja. Flamingo sekarang pun biasanya hanya bertelur sebanyak 1 buah didalam sarangnya, sedangkan di penemuan ini, sarang purba memiliki lima buah telur didalam sarangnya. Menurut para peneliti, kemungkinan flamingo purba ini tidak berbeda dalam bentuk maupun sifat dengan flamingo sekarang, mereka hanya berbeda dari faktor pembuatan sarang dan jumlah telur saja karena beradaptasi dengan lingkungan.

Baca Juga:  Wow! Bikin Bengong, Tak Hanya Makan Paku dan Pisau Pria ini Juga Pernah Teteskan Lem ke Matanya

Rusa Ekor Putih (3,5 Juta Tahun Yang Lalu)

Rusa ekor putih adalah spesies rusa tertua yang ada dimuka bumi saat ini. Dimana rusa yang tampak sangat cantik ini telah mempertahankan sifat dan bentuk tubuhnya selama 3,5 juta tahun, yang artinya mereka memang tampak seperti ini sejak jutaan tahun lalu, tidak berevolusi sama sekali! Wajar saja jika rusa ekor putih ini telah begitu lama mempertahankan wujud dan sifatnya selama itu, karena rusa ini mampu bertahan hidup dengan memakan berbagai macam sumber makanan seperti ikan dan daging, dimana rusa ekor putih ini tidak memakan rumput seperti rusa kebanyakan karena gigi dan lambung mereka tidak cocok untuk memakan rumput – rumputan.

Rusa ini pun mampu bergerak dengan cepat dan gesit dengan wujudnya saat ini, sehingga evolusi mungkin belum menjadi target dari hewan anggun yang satu ini. Rusa ekor putih banyak hidup dan berkembang pada habitat dan iklim di lingkaran Arktik sampai ke negara Brazil. Rusa ini pun merupakan hewan yang sangat cerdik, dimana mereka akan mengacaukan bentuk jejak kaki mereka sendiri dengan cara mengitarinya beberapa kali untuk mengecoh para predator ataupun pemburu yang mengincar mereka, bahkan rusa ini pun akan bersembunyi kedalam sungai ataupun berenang ke lautan untuk menghindari predator.

Baca Juga:  Ini Dia Hotel Unik di Bali yang Membuat Kamu Enggan Pulang

Panda Merah (5 Juta Tahun Yang Lalu)

Panda merah kini adalah salah satu spesies yang masuk kedalam kategori terancam punah! Panda yang mungil ini pun memiliki nenek moyang yang sama dengan panda raksasa, dimana ia pun menyukai bambu dan hidup dibeberapa wilayah di Cina. Namun panda merah bukan termasuk dalam anggota keluarga Beruang, seperti saudaranya sang Panda Hitam Putih. Makhluk yang lebih mirip dengan anjing kecil ini ternyata telah hidup di bumi sejak 5 juta tahun yang lalu, dimana hewan ini pun diyakini sebagai salah satu peninggalan (warisan) dari zaman kuno.

Dalam perkembangannya pun, Panda Merah ternyata hanya sedikit sekali mengkonsumsi tanaman bambu karena sistem pencernaan mereka tidak mampu menyerap nutrisi dari tanaman dengan baik, sehingga hewan lucu ini lebih sering memakan serangga, telur, burung kecil, bahkan tikus. Sungguh fakta yang unik dan menarik ya, dimana ia berkerabat dengan panda, namun tingkahnya seperti rakun!

Comments
To Top