Kesehatan

Inilah Tanda-tanda Kanker Paru-paru Yang Perlu Kamu Tahu

Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru adalah penyakit mematikan yang memiliki tingkat kematian tertinggi di antara semua jenis kanker, dengan 1,59 juta kematian terjadi pada tahun 2012, menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Salah satu alasan tingginya angka tersebut adalah karena sulit mendiagnosis kanker paru-paru pada tahap awal. Sekitar 40 persen orang didiagnosis menderita kanker paru-paru, diagnosis dibuat setelah penyakit ini meningkat. Pada sepertiga dari mereka yang didiagnosis, kanker telah mencapai tahap 3.

Berikut adalah beberapa tanda peringatan kanker paru yang tidak boleh diabaikan:

1. Batuk yang tidak bisa disembuhkan

Anda bisa batuk dari flu atau dari makanan yang salah. Namun, jika batuk tidak berhenti setelah hawa dingin hilang atau tidak bertambah baik dengan obatnya, sebaiknya Anda menemui dokter untuk memeriksa paru-paru Anda.

2. Batuk anda berubah

Batuk kronis sering merupakan gejala kondisi lain seperti GERD, asma atau demam. Namun, jika sifat batuk berubah (seperti dari batuk kering sampai batuk atau darah lendir) sebaiknya ke dokter.

3. Nafas setelah aktivitas normal

Jika Anda sering mengalami sesak napas atau memiliki suara bersiul saat Anda bernafas, ini mungkin merupakan gejala kanker paru-paru. Kesulitan bernafas mungkin disebabkan oleh tumor yang menghalangi jalan nafas Anda atau cairan di sekitar paru-paru Anda meningkat, sehingga menekan paru-paru Anda. Karena yang normal yang keluar dari nafas, kita sering mengabaikannya. Tapi bila Anda tidak bisa bernafas dalam aktivitas normal, seperti setelah menaiki tangga, membawa belanjaan atau melakukan tugas lain yang sebelumnya bisa Anda lakukan tanpa menemui kesulitan bernapas, karena perawatan medis segera ke dokter.

Baca Juga:  Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Secara Alami

4. Nyeri dada

Sementara kanker paru-paru yang berkembang di tengah paru-paru tidak menimbulkan rasa sakit, beberapa jenis kanker paru-paru terjadi di luar paru-paru dan bisa di dinding dada.

Kanker paru-paru bisa menimbulkan nyeri di dada, bahu atau daerah paru-paru. Bila kanker paru-paru menyebabkan nyeri dada, ketidaknyamanan bisa terjadi akibat pembesaran kelenjar getah bening atau metastase ke dinding dada, pleura (melapisi paru-paru) atau tulang rusuk.

5. Mengi

Mengi adalah suara gusting yang paru-paru Anda terbatas, tersumbat atau meradang. Mengi bisa menjadi pertanda banyak kondisi kesehatan yang berbeda, seperti alergi dan asma. Jangan abaikan itu Jika mengi tidak membaik, sebaiknya segera menemui dokter. Lebih baik tahu apa masalahnya.

6. Perubahan Suara

Suara itu sering serak setelah kedinginan atau setelah lama tidak digunakan, seperti saat Anda bangun di pagi hari. Tapi jika Anda mendengar perubahan atau jika seseorang menunjukkan perubahan pada suaramu, jika suara Anda terdengar lebih dalam, serak atau serak, itu bisa diperiksa oleh dokter. Jika suara serak Anda tidak membaik setelah dua minggu dengan obat ini, sebaiknya periksa langsung dengan dokter Anda. Kanker paru-paru dapat mempengaruhi kotak suara Anda, menyebabkan perubahan pada suara Anda.

7. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan yang cepat bukanlah pertanda baik. Orang dengan kanker paru-paru sering mengalami penurunan berat badan dalam waktu singkat karena sel kanker menggunakan semua energi dan nutrisi mereka. Jangan abaikan perubahan berat badan Anda, terutama jika terjadi saat Anda tidak melakukan perubahan pada diet dan gaya hidup Anda karena ini bisa menjadi petunjuk untuk mengubah kesehatan Anda.

Baca Juga:  Inilah Khasiat Rebusan Daun Sirsak yang Luar Biasa

8. Nyeri tulang

Kanker paru stadium lanjut bisa menyebabkan nyeri tulang. Kebanyakan orang dengan kanker tulang adalah orang tua sehingga mereka bisa menulis menghentikan nyeri tulang sebagai tanda menjadi tua. Nyeri tulang dari kanker paru sering hadir di punggung atau di bahu, lengan atau leher, meski ini kurang umum. Rasa sakit kanker paru sering memburuk saat Anda beristirahat dan di malam hari. Rasa sakit tidak pernah menjadi pertanda baik untuk diabaikan di setiap area tubuh Anda dan harus diperiksa sesegera mungkin.

9. Selalu sakit kepala

Rasa sakit yang paling berbahaya yang bisa Anda dapatkan adalah kanker paru-paru adalah sakit kepala. Ini mungkin menunjukkan bahwa kanker telah menyebar (metastasis) dari paru-paru ke otak Anda. Dalam beberapa kasus, kanker paru-paru dapat menyebabkan sakit kepala karena tumor menekan saraf yang melakukan perjalanan melalui area dada. Tekanan ini bisa memicu sakit kepala. Jika Anda sakit kepala yang tidak bisa lega sebaiknya segera menemui dokter.

Ada juga tanda dan gejala lain yang mungkin mengindikasikan kanker paru-paru, seperti demam, kelelahan, sulit makan atau tertelan, kurang nafsu makan atau benjolan yang tidak biasa di tubuh Anda.

Penting untuk memberi tahu dokter Anda tentang perubahan kesehatan Anda. Jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker paru-paru atau perokok, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk penjegahan lebih lanjut.

Comments
To Top