Unik

Inilah Transportasi Umum Paling Unik Di Dunia

Bamboo Train

Transportasi telah lama diperkenalkan di hampir semua negara di dunia, tujuannya adalah untuk memudahkan akses perjalanan bagi orang-orang yang tidak memiliki atau malas menggunakan kendaraan pribadi. Sistem transportasi umum biasanya dibagi menurut rute perjalanan dan harga.

Di Indonesia sendiri banyak jenis angkutan umum mulai dari tradisional seperti andong dan becak hingga yang modern seperti angkutan umum dan KRL. Semuanya masih ada dan banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Tapi ada beberapa negara di dunia yang memiliki transportasi umum yang unik yang menggelitik dan menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Negara mana? Berikut adalah 3 negara dengan kendaraan umum paling unik di dunia.

Kereta Bambu – Kamboja

Negara di kawasan Asia Tenggara memiliki jenis angkutan umum unik yang disebut Nori atau Kereta Bambu (Bamboo Train) dalam istilah asing. Sesuai namanya, transportasi tradisional ini terbuat dari kayu dan bambu dan berjalan di atas rel yang dulunya bekas warisan Prancis dengan menggunakan sedikit tenaga listrik. Kereta Bambu merupakan angkutan umum yang memiliki pesona tersendiri karena tidak hanya digunakan oleh penduduk setempat tapi juga banyak wisatawan mancanegara yang ingin mencobanya. Uniknya angkutan umum yang memiliki kecepatan maksimal 40 km / jam hanya melayani rute dari O Dambong ke O Sra Lav hanya 3,7 km. Dengan jarak itu, penumpang bisa menikmati pemandangan sederhana Kamboja selama dua puluh menit.

Baca Juga:  Hewan Berkemampuan Khusus yang Tidak Dimiliki Manusia

Floating Bus (Hippo) – Kanada

Selain menjadi kendaraan yang bisa digunakan secaranumum, angkutan umum juga memiliki kelebihan dan keuntungan lainnya salah satunya adalah menjadi daya tarik bagi sektor pariwisata di kawasan tersebut. Seperti Floating Bus bernama Hippo di Kanada ini. Angkutan umum dibuat dengan tujuan menarik turis mancanegara di jalanan Toronto, Kanada. Uniknya, Hippo adalah sejenis alias transportasi amfibi yang bisa berlari di darat dan di air. Hippo memiliki rute perjalanan yang menarik yang berubah menjadi paket wisata berdurasi 90 menit yang secara khusus ditawarkan kepada wisatawan. Selain berkeliling kota Toronto, Hippo juga mengajak wisatawan mancanegara untuk berlayar Danau Ontario yang terkenal dengan pemandangannya yang indah dan perairan yang tenang. Bus terapung khas Kanada ini mampu membawa sebanyak 40 penumpang untuk sekali jalan.

Baca Juga:  Foto Selfie ini Jadi Viral! Dia tidak menyadari ada sesuatu yang terbang di belakangnya!

Ice Angel – Amerika Serikat

Pulau Madeline adalah satu-satunya pulau tak berpenghuni di wilayah Kepulauan Apostolik Wisconsin di Amerika Serikat. Pulau Madeline merupakan salah satu tujuan wisata yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara. Selama musim panas wisatawan mancanegara biasanya menyeberang dengan feri dari Bayfield ke Pulau Madeline. Tapi pemandangan yang berbeda bisa dilihat di musim dingin. Danau Superior yang biasanya dilewati oleh kapal feri akan berubah menjadi angkutan umum dan beku Ice Angel, salah satu jenis transportasi unik di dunia. Keunikan transportasi ini adalah kemampuan dan daya tahannya yang berjalan di atas es. Tidak cukup itu, jika es beku di perairan Danau Unggulan tidak cukup kuat untuk menahan gerak Ice Angel, fungsi baling-baling pesawat yang ada di angkutan umum akan digunakan. Selain akses wisatawan masuk, Ice Angel memiliki fungsi lain yaitu sebagai sarana transportasi anak-anak di Pulau Madeline saat bersekolah.

Comments
To Top