Kesehatan

Bahaya Rubella, Orang Tua Harus Segera Memberi Anak Imunisasi

imunisasi

Rubella adalah penyakit akut yang bisa menulari anak-anak dan orang dewasa. Terutama pada wanita yang disertai gejala demam tinggi, bercak merah atau ruam pada kulit yang biasanya dibelakang telinga disertai pilek dan batuk.

“Jika wanita hamil terkena rubella, wanita tersebut mungkin mengalami keguguran atau melahirkan bayi dengan jantung, mata, pendengaran, dan kelainan sistem saraf pusat,” kata Lely, sebuah bidang di Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan.

Oleh kaena itu, semua orang tua harus segera mengimunisasi Campak dan Rubella atau MR pada anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun untuk mencegah dari kelainan bawaan.

Baca Juga:  Ingin Mendapatkan Tubuh Ideal? 5 Aturan Ini Wajib Anda Patuhi

Seperti di Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, mereka menargetkan 26.000 anak telah mengimunisasi vaksin rubella, sementara 4.200 anak di Desa Pengadegan, Jakarta Selatan telah divaksinasi terhadap campak dan rubela.

Campak rubella dikhawatirkan bisa berujung pada munculnya penyakit berbahaya seperti meningitis, diare, paru-paru basah, kerusakan otak, dan bahkan menyebabkan kematian.

Seperti yang kita ketahui kasus campak dan rubella terus meningkat setiap tahunnya, peningkatan tersebut disebabkan oleh gaya hidup kurang bersih dan jumlah anak yang suka makan makanan cepat saji.

Campak dan rubella sangat sulit dideteksi langsung. Cara mendeteksi itu harus berdasarkan hasil analisis laboratorium melalui tes darah, untuk mendeteksi campak dan rubella cukup mahal. Bisa mencapai lima ratus ribu rupiah hingga dua juta lima ratus ribu.

Baca Juga:  Efek Buruk Menggososk Gigi Berlebihan Dan Cara Merawat Gigi Yang Benar

Untuk itu, Lely menegaskan bahwa vaksin untuk Rubella Campak adalah halal.

“Vaksin Rubella Measles berasal dari PT Biofarma dan telah diuji bebas dari sel babi, dan bahkan ada fatwa MUI nomor 4 yang menyatakan bahwa untuk imunisasi, itu diperbolehkan,” kata Lely.

Lely berharap kesadaran masyarakat akan kesehatan terus meningkat sehingga mulai membawa anak-anak mereka mengimunisasi Rubella Campak agar terlindungi dari berbagai penyakit mematikan.

Comments
To Top