Kesehatan

Inilah Beberapa Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat

Merokok

Merokok sudah menjadi kebiasaan orang pada umumnya. Rokok sudah dianggap sebagai kebutuhan utama mutlak untuk mereka pecandu rokok. Mengapa? Soalnya, orang yang kecanduan lebih suka membeli rokok daripada membeli makanan. Padahal, sebenarnya mereka juga sangat mengerti bahaya rokok seperti apa. Apapun namanya sudah kecanduan itu sulit untuk menghentikannya.

Jika shobat sangat menyukai rokok dan masih dalam tingkat ringan sebaiknya mulai sekarang berhenti merokok atau menyesal nantinya. Buat shobat yang sudah sadar dan mau berkonversi harus mengikuti tips ini aja deh biarkan cepet berhenti merokok. Baca tips cepat berhenti merokok dengan cepat di bawah ini:

1. Pahami Alasan Berhenti Merokok

Keputusan teman untuk berhenti merokok sangat bagus, tapi apakah shobat tahu kenapa shobat melakukannya? Alasan umum seperti “merokok itu buruk untuk kesehatan” terkadang tidak cukup. Untuk menciptakan tekad dan motivasi diri yang kuat, shobat membutuhkan alasan yang kuat dan pribadi. Misalnya, mungkin shobat ingin melindungi keluarga shobat dari bahaya racun yang disebabkan oleh asap rokok? Mungkin juga shobat takut terkena kanker paru-paru, atau shobat ingin terlihat lebih muda dan merasa lebih sehat? Pilihlah alasan yang cukup kuat agar shobat bisa menjadi pegangan pada saat susah saat shobat nanti saat berhenti merokok.s

2. Pilih Terapi Yang Memenuhi Dengan Kondisi Shobat

Apakah Anda pernah mendengar istilah “kalkun dingin”? Istilah ini digunakan untuk perokok yang berhenti merokok secara total dan langsung (tidak dipentaskan). Mungkin cara ini terdengar menarik, karena shobat tetap melempar semua rokok shobat dan menyatakan bahwa shobat sudah berhenti merokok. Mudah bukan? Jangan salah, teknik “kalkun dingin” mungkin tidak bekerja untuk semua orang, karena tidak mudah dilakukan. Di antara mereka yang mencoba berhenti merokok tanpa terapi atau pengobatan, sebanyak 95% akhirnya kambuh lagi untuk merokok. Ingat, merokok adalah kecanduan (kecanduan). Otak seorang perokok membutuhkan lebih banyak dan lebih banyak nikotin agar bisa berkonsentrasi dengan baik. Bila tidak ada asupan nikotin dari rokok (karena perokok berhenti mendadak), gejala penarikan nikotin bisa terjadi, dan dibutuhkan kesabaran dan motivasi yang sangat kuat untuk melawannya.

Baca Juga:  Ingin Mendapatkan Tubuh Ideal? 5 Aturan Ini Wajib Anda Patuhi

3. Konsultasikan dengan Dokter Untuk Menjalankan Terapi Stop Merokok

Di pasaran ada beberapa produk untuk membantu mereka yang ingin berhenti. Namun, produk seperti permen karet atau patch nikotin tidak selalu efektif dalam membantu shobat berhenti merokok, karena produk ini pada dasarnya menjadi satu-satunya sumber nikotin untuk tubuh shobat (tidak mengurangi atau menghentikan kecanduan nikotin). Obat yang tersedia saat ini terbukti efektif membantu berhenti merokok. Cara kerjanya adalah dengan menempati reseptor nikotin di otak, jadi saat merokok nakal, nikotin yang masuk tidak lagi memberi rasa senang, dan akhirnya mengurangi minat shobat untuk merokok. Selain itu, obat ini juga membantu mengurangi gejala penarikan nikotin, seperti depresi dan sulit berkonsentrasi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang terapi penghentian merokok termasuk penggunaan obat-obatan, konsultasikan dengan dokter Anda. Ingat, obat ini termasuk obat keras, jadi jangan gunakan obat ini tanpa pengawasan dokter.

Baca Juga:  4 Tips Sederhana Agar Penderita Diabetes Terhindar Dari Cedera Kaki

4. Jangan Lakukan Perjuangan Ini Sendiri

Meskipun perokok yang memiliki semangat untuk berhenti merokok harus merasakan kesulitan untuk berhenti merokok tanpa dukungan daerah sekitarnya. Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, dan dukungan dari keluarga, teman, kolega, dan lingkungan sosial lainnya menjadi faktor yang berperan penting dalam kesuksesan bisnis ini.

5. Bersikap Bijak dalam Berurusan dengan Stres

Salah satu alasan orang merokok adalah karena nikotin membuat mereka merasa nyaman dan rileks. Saat shobat berhenti merokok, shobat butuh cara lain untuk mengatasi stres. Tak ada salahnya mencoba ke spa untuk mendapatkan terapi pijat / relaksasi, mendengarkan nyanyian yang menenangkan, atau belajar yoga. Sebisa mungkin, hindari situasi yang membuat tunas yang menegangkan selama minggu-minggu pertama shobat berhenti merokok.

6. Hindari Kebiasaan yang Membuatmu Ingin Merokok

Aktivitas tertentu bisa memicu keinginan merokok. Misalnya, setiap pagi selalu minum kopi dan merokok. Bila kamu terbiasa tiap pagi melakukannya, cobalah mengggantinya dengan minuman lain seperti teh atau minuman lainnya untuk beberapa minggu. Jika kamu terbiasa merokok setelah makan cobalah mewnggantinya dengan permen karet atau permen pedas yang bisa melegakan tenggorokan.

Nah itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk kamu yang hendak berhenti merokok demi menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Comments
To Top