Kesehatan

Inilah Khasiat Rebusan Daun Sirsak yang Luar Biasa

Daun Sirsak

Sirsak memiliki nama logis Annona muricata L. Gotten dari Kepulauan Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Suhu tropis di Indonesia memungkinkan tanamah produktif ini juga produktif di wilayah bergelombang. Beberapa daerah perkebunan berfokus pada sirsak yang tersebar merata di seluruh Indonesia.

Berawal dari zona Nagari Labuakbatingkok, Sumatra Barat sampai Kalianda, dan Gisting dan Gedong Tataan, Lampung, pada saat itu Karanganyar, Jawa Tengah, sampai ke pulau-pulau Bali dan Nusa Tenggara. Jenis tanaman ini bisa berkembang dengan baik di ketinggian lahan antara 300 – 1200 meter di atas permukaan laut.

Disini akan diperkenalkan data tentang substansi campuran dalam air yang mendidih daun sirsak sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan Senyawa Pada Air Rebusan Daun Sirsak

Sirsak disebut sebut nangka belanda atau durian belanda. Tanaman ini dikembangkan secara ekonomis untuk diambil dagingnya. Gula, Fruktosa, Vitamin B dan Vitamin C ditemukan di dalam daging buahnya. Senyawa dalam air rebusan daun sirsak termasuk:

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Putih Telur Untuk Kulit Wajah Saat Dibuat Masker

Acetogenin

Senyawa ini diteliti oleh Profesor Soelaksono Sastrodihardjo PhD seorang Guru Besar Institut Teknologi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bandung. Menunjukkan berguna menahan pengembangan berbagai macam sel kanker.

Glikosida

Senyawa glikosida yang masuk dalam tubuh manusia dapat membantu memisahkan partikel gula dalam darah, sehingga gula yang rusak dapat segera tertelan dan berubah menjadi energi oleh sel.

Tannin

Kandungan tanin di daun sirsak digambarkan oleh perasaan ketat dan agak pait saat dikunyah. Tanin secara umum ditemukan di daun teh. Unsur utama tanin adalah antiviral dan antimikroba. Meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Baca Juga:  Efek Buruk Menggososk Gigi Berlebihan Dan Cara Merawat Gigi Yang Benar

Alkaloid

Campuran alkaloid bekerja dalam tubuh untuk perbaikan sel yang rusak. Senyawa ini juga ditemukan pada daging sirsak. Sehingga pengeluaran air rebusan daun sirsak bisa membantu percepatan penyembuhan luka operasi.

Flavonoid

Campuran flavonoid bekerja sebagai musuh mikroba dan antivirus. Sebuah laporan terkini yang dilakukan oleh Fakultas Biologi, Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2013 dapat menunjukkan bahwa dalam jus daun sirsak, ada senyawa flavonoid aktif, bila diberikan pada tikus melalui mulut, dapat meningkatkan kekbalan tubuh tikus.

Khasiat Air Rebusan Sirsak

  1. Obat Untuk Tumor
  2. Pengobatan osteoporosis
  3. Obat untuk infeksi asam urat
  4. Penyakit tekanan darah tinggi
  5. Penyakit kolesterol
  6. Pencegahan diabetes
  7. Kerusakan Rambut

Itulah informasi mengnai khasiat rebusan daun sirsak semoga bermanfaat dan dapat menjadi alternatif dalam pengobatan penyakit.

Comments
To Top