Kesehatan

Manfaat Menggunakan Plastik Berlabel Halal

Plastik halal

Label halal sudah menjadi kebutuhan utama konsumen Muslim dunia sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Apalagi kalau plastik itu biasa membungkus daging korban pada perayaan Idul Adha kemarin.

Katanya, konsumen yang baik tahu betapa pentingnya arti kemasan suatu produk. Karena kemasannya tidak hanya berguna untuk membungkus makanan dan minuman dengan benar, tapi juga harus bekerja untuk melindungi isi produk agar bisa menjaga kualitas agar tidak merusak.

Kemasan plastik bagus, menurut dia, juga harus bisa menjaga kandungan nutrisi dari produk yang terkandung di dalamnya. “Termasuk daging kurban,” katanya.

Ada berbagai jenis plastik yang ada di pasaran yang terbuat dari berbagai jenis bahan, ada yang terbuat dari kaleng, kaca, styrofoam, kertas dan plastik. Konsumen harus bisa memilih plastik yang memiliki kualitas food grade.

Baca Juga:  Makanan Penipu Kesehatan yang Harus Dihindari

“Biasanya dilambangkan dengan sendok dan garpu yang berarti bahan plastik dikategorikan aman untuk kontak dengan makanan,” kata Himawan.

Tapi tidak hanya memilih sendok garpu, karena mayoritas muslim Indonesia ternyata menjadi plastik halal yang tak kalah penting untuk makanan yang berfungsi melindungi makanan agar tidak terkontaminasi dari hal lain yang tidak halal.

“Plastik yang diproses dengan bahan berdiameter tinggi berdasar polyethelene yang telah di sertifikasi Halal oleh MUI tentu menjadi pilihannya,” kata Himawan.

Himawan juga meminta masyarakat lebih hati-hati dalam memilih plastik, plastik bisa diamati dengan tiga cara. Berciuman, plastik bagus pastinya bebas dari bau bahan kimia.

Jangan lupa, tambahnya, untuk disentuh, karena plastik bagus jika menyentuh permukaan halus tidak meninggalkan butiran kasar atau membeku di permukaan.

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Putih Telur Untuk Kulit Wajah Saat Dibuat Masker

Untuk bisa mendapatkan kemasan plastik yang bagus, tentu Himawan mengatakan, bibit plastik yang digunakan dan juga proses produksi juga harus bersertifikat halal.

“Kami kebetulan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia jadi ini adalah terobosan besar yang patut mendapat apresiasi dan tonggak perlunya sertifikasi halal untuk kemasan produk makanan. Karena produk halal dan higienis merupakan kebutuhan utama dari orang dari Indonesia, “katanya.

Seperti diketahui, seperti tahun-tahun sebelumnya, produsen plastik Sinar Joyoboyo kembali mendistribusikan produk bersertifikat halal ke ratusan masjid di Indonesia, khususnya Masjid Istiqlal.

Plastik itu digunakan untuk membungkus daging kurban yang akan dibagikan kepada mayoritas masyarakat Indonesia dan selalu memperhatikan label halal.

“Jadi orang juga bisa lebih tenang sehingga dagingnya dibagikan dalam kemasan yang halal dan aman,” kata Himawan.

Comments
To Top