Teknologi

Permasalahan Keamanan Dalam Sistem Teknologi Informasi

Keamanan Tekno

Keamanan dalam sistem informasi sangat penting. Keamanan dimaksudkan artikel di sini untuk menjaga agar sistem tidak mendapat gangguan dan ancaman eksternal. Gangguan dan ancaman yang bisa mengancam sistem informasi terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman pasif dan ancaman dan gangguan yang berasal dari kejadian alam yang tidak diinginkan. Misalnya bencana alam, gangguan politik, dan kesalahan yang tidak disengaja oleh manusia, seperti kesalahan kesalahan input data, dan sebagainya. Sedangkan ancaman yang aktif adalah ancaman yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan menghancurkan atau membuat sistem menjadi terhambat tidak bekerja dengan baik. Misalnya kecurangan dan kejahatan cyber.

Bencana alam merupakan ancaman tak terduga dan tak terhindarkan. Biasanya bencana alam ini bisa mengancam keseluruhan sistem. Banjir, kebakaran, gempa bumi, dan angin topan dapat menghancurkan sumber daya sistem informasi dalam waktu singkat.

Baca Juga:  CARA AMPUH CEPAT SEDERHANA DOWNLOAD VIDEO DARI YOUTUBE TANPA APLIKASI DAN SOFTWARE

Selain itu, kesalahan yang disebabkan oleh operator yang lalai dalam memasukkan data, melakukan pengeditan data dan penghapusan data merupakan masalah yang tidak dapat diremehkan. Kesalahan sangat penting untuk keakuratan informasi yang dihasilkan oleh sistem. Dan tentu saja ini bisa mempengaruhi kualitas keputusan yang dihasilkan.

Pengertian keamanan sistem

Ancaman pasif lainnya adalah kegagalan sistem. Kegagalan sistem yang dimaksud tidak bisa berjalan dengan tujuan semula. Hal ini dapat disebabkan oleh kegagalan daya, kerusakan perangkat keras dan perangkat lunak, transaksi yang tidak lengkap, dan banyak lagi.

Baca Juga:  4 cara ampuh work 100%, menguatkan sinyal hp/handphone, sudah teruji

Ancaman terhadap sistem informasi yang paling berbahaya adalah kejahatan komputer yang dilakukan dunia maya. Sistem informasi menjadi sangat rentan terhadap kejahatan yang terjadi di dunia maya. Cybercrime adalah ancaman yang berkembang di masyarakat yang disebabkan oleh tindakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab atas penggunaan komputer dan teknologi informasi lainnya tanpa memperhatikan pihak-pihak yang dirugikan.

Jadi kesimpulannya teknologi juga pasti memiliki kelemahan sehingga kita harus waspada dan berusaha melindungi dengan berbagai cara seperti anti virus yg update, keamanan yang update, pasword dan akun yg sulit ditebak atau menggunakan pasword 2 langkah dan lain sebagainya.

Comments
To Top