Kesehatan

Posisi Tidur Ini Dapat Menyembuhkan Rasa Sakit di Tubuh

Posisi Tidur

Selain konsumsi makanan sehat atau olahraga teratur, tidur pada waktu yang tepat dengan durasi jam yang cukup adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut penelitian, seseorang setidaknya harus tidur selama 7-9 jam setiap hari.

Tidak hanya bermanfaat untuk memulihkan energi yang digunakan aktivitas atau regenerasi sel, posisi tidur yang tepat pun bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai kelainan atau penyakit ringan yang mengganggu kesehatan tubuh.

Dilansir dari boldsky.com, berikut penjelasannya.

1. Asam lambung

Kenaikan asam lambung bisa terjadi saat Anda mengonsumsi makanan yang terlalu berat untuk dicerna. Sensasi seperti panas yang bergerak dari perut dan naik ke kerongkongan terasa kurang nyaman untuk tidur.

Posisi tidur terbaik untuk mengatasi siksaan karena asam lambung adalah tidur di sisi kiri.

2. Masalah pencernaan

Selain itu ampuh untuk mengatasi rasa siksaan akibat naiknya asam lambung, tidur dengan kemiringan ke posisi kiri dinilai baik untuk menunjang kesehatan pencernaan. Tidurlah dengan miring ke kiri sesuai dengan gravitasi pencernaan tubuh.

Baca Juga:  3 Efek Negatif Dari Mengkonsumsi Bayam Secara Berlebihan

3. Sakit leher

Anda disiksa oleh sakit leher? Jika demikian, cobalah mengatasinya dengan memberi bantal ekstra di lekuk leher. Jika tidak ada bantalan kecil, ambil handuk dan gulung. Lalu letakkan di tikungan antara bantal dan leher.

4. Nyeri haid

Nyeri haid sering membuat tidur tidak nyaman.

Nah wanita, coba tidur telentang tapi putar kaki ke samping. Lalu tempatkan bantal di antara kedua lutut. Posisi ini dipercaya bisa memperlancar peredaran darah sehingga bisa meminimalkan nyeri haid yang terjadi.

5. Hipertensi

Untuk melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang terjadi, Anda disarankan untuk tidur dengan perut atau kepala ke bawah. Posisi ini membantu menurunkan tekanan darah secara efektif.

6. Sinus

Sinus atau infeksi yang menyerang saluran pernafasan dapat mengurangi efek buruknya dengan posisi tidur yang tepat. Karena tak jarang sinus akan membuat penderita tidur dengan mendengkur karena aliran udara tidak lancar.

Baca Juga:  5 Tips Diet Rendah Kolesterol Yang Mudah Dan Lezat

Jika Anda menderita infeksi ini, cobalah tidur dengan posisi kepala tinggi untuk merapikan lendir dan aliran pernapasan.

7. Sakit kepala

Tidur bisa menjadi keajaiban penyembuhan ajaib untuk mengobati sakit kepala. Posisi tidur bisa mengurangi rasa sakit yang terjadi. Caranya adalah dengan meletakkan banyak bantal di leher Anda.

Posisi ini juga berguna untuk mengurangi risiko nyeri leher yang biasanya terjadi saat Anda tidur.

8. Sakit punggung

Rasa sakit punggung sering membuat Anda menjadi kacau saat tidur. Untuk meminimalkan ketidaknyamanan ini, berbaring telentang. Kemudian tempatkan bantal di bawah lutut Anda dan handuk digulung di bawah punggung Anda. Posisi ini diyakini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit karena sakit punggung.

Comments
To Top