Teknologi

Tips Agar Baterai Android Kamu Tidak Cepat Habis

Baterai Android

Kita sering bertanya-tanya, mengapa baterai smartphone Android cepat habis? Padahal sudah dicharge sampai 100%. Tidak sampai suatu hari, bahkan baru setengah hari baterai sudah habis atau hampir habis.

Banyak orang awam yang tidak mengerti mengapa baterai smartphone yang menggunakan sistem operasi Android sangat cepat habis. Jadi menurut mereka ponsel Android tidak bagus.

Lantas, apa sebenarnya alasan mengapa baterai Android boros?

1. Layar smartphone

Gadget modern menggunakan layar besar mulai dari 3,5 inci sampai lebih dari 10 inci (12 inci). Namun rata-rata, kebanyakan smartphone saat ini menggunakan layar antara 4,5 inci sampai 5,5 inci karena dianggap ideal, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Jadi lebih mudah untuk digenggam dan mudah dioperasikan dengan satu tangan sekalipun.

Sayangnya, ukuran layarnya cukup besar sehingga membutuhkan energi yang tidak sedikit. Sehingga menyebabkan baterai Android sangat cepat habis.

2. Penggunaan kamera terlalu sering

Kamera membutuhkan kekuatan besar untuk menangkap gambar atau merekam video. Semakin sering Anda menggunakan kamera smartphone, baterai akan terkuras lebih cepat.

3. Konektivitas

Dengan menggunakan smartphone kita lebih terhubung ke internet. Sehingga berbagai aplikasi yang kita gunakan akan terus menerus mengirimkan dan menerima data.

Namun selain internet, beberapa konektivitas penting yang sering menyebabkan baterai terkuras perlu diperhatikan antara lain: Bluetooth, wifi, GPS dan Data internet.

4. Aplikasi yang terhubung ke internet

Berbagai aplikasi yang terus disinkronkan adalah vampir untuk baterai. Berbagai aplikasi yang bisa menyinkronkan dan menguras banyak baterai adalah:

Snapchat

Netflix

Facebook

BBM

Instagram

5. Widget pada homescreen

Menggunakan widget itu menyenangkan. Berbagai hal bisa kita lihat seketika dengan memanfaatkan widget tanpa harus repot membuka aplikasi yang bersangkutan.

Sayangnya, menempatkan terlalu banyak widget di homescreen membuat performa smartphone lebih lambat dan membuat baterai semakin cepat.

6. Mainkan game 3D

Bermain game sangat menyenangkan. Namun, dibalik manfaatnya, game besar dan berat, terutama dalam bentuk kebutuhan hardware dan energi 3 dimensi membutuhkan tenaga (baterai) yang tidak kecil. Maka tak heran bila saat kita bermain game, smartphone akan mudah panas dan baterai cepat habis.

Memang faktanya adalah kadang-kadang sebuah smartphone yang cepat habis baterai membuat kita sedikit kesal nan kesal.

Untuk itu ada baiknya kita simak tips untuk menghemat penggunaan baterai smartphone Android agar tidak cepat habis.

1. Gunakan kartu data paket saja, tidak perlu menggunakan WiFi

WiFi cukup menguras baterai kok. Selama dia tinggal, dia akan terus mencari koneksi WiFi. Terus bekerja begitu, pasti baterai akan terus digunakan.

Sebagai alternatif, pertama, Anda hanya bisa menggunakan paket data. Atau, kedua, selalu pastikan WiFi dimatikan. Hanya dinyalakan saat hanya menggunakan koneksi WiFi.

Baca Juga:  Berikut Tips Memilih Printer Sesuai Kebutuhan

2. Atau mungkin sebaliknya, matikan saja data internet simcard dan menggunakan WiFi aja

Nah, atau bisa juga sebaliknya. Tak sedikit orang yang lebih sering ngobrol dan ngobrol via internet, ntah lewat WhastApp, LINE, BBM, dan sebagainya. Jadi smartphone ini lebih sering digunakan secara online. Hampir jarang digunakan untuk SMS dan telepon.

Jika demikian, bisa dicoba hanya menggunakan WiFi saja, entah itu wifi modem anda, kantor, kampus, dan lain sebagainya.

3. Jangan login banyak akun, termasuk Gmail

Nah, inilah orang yang mungkin tidak terlalu menyadarinya. Karena saya sudah login di 5 akun Gmail. Coba bayangkan, jika ke 5 akun yang melakukan sinkronisasi terus menerus. Apalagi jika satu email berlangganan banyak buletin, jadi bulak balik email, wah pasti sudah menguras baterai.

Nah, maka pastikan Anda tidak login banyak. Entah itu masuk ke satu aplikasi, atau lebih dari satu masuk ke satu aplikasi.

4. Jika tidak perlu online, matikan saja paket data dan WiFi

Yaps, tips sederhana ini tidak bisa begitu sering dilakukan. Misalnya kita pada motor atau mobil. Nah, itu hanya fokus mengemudi saja. Sementara koneksi internet smartphone anda dimatikan sebelum memulai jalan. Tentunya jangan lupa jika Anda perlu dihidupkan lagi, hidupkanlah begitu sudah mencapai tujuan.

Jangan bosan, mungkin alternatifnya anda bisa ngobrol-ngobrol aja, kalau di kendaraan anda ada teman ngobrol. Atau bisa mendengar radio, atau saat membaca buku, dan sebagainya.

Tentu kondisi ini tidak hanya saat di jalan, tapi juga saat aktivtas lainnya. Intinya adalah jika Anda tidak perlu online, matikan saja koneksi online-nya.

5. Matikan Notifikasi

Pemberitahuan bisa bekerja terus menerus. Juga belum tentu notifikasi itu penting semua. Misalnya facebook notif, Game, dan sebagainya.

Cara mematikannya dengan mudah. Buka Pengaturan (Pengaturan)> Aplikasi (Aplikasi)> lalu pilih aplikasi yang ingin Anda matikan. Pasti ada pilihan disana.

6. Hentikan aplikasi yang sedang berjalan dibelakang

Nah ini bisa jadi banyak tiriskan. Apalagi kalau aplikasi yang berjalan banyak, semakin menguras tenaga.

Cara menghentikannya, coba buka Setting (Settings)> Applications (Application)> lalu pilih bagian running aplikasi. Nah, itu adalah aplikasi yang terus berjalan. Buka satu atau lebih aplikasi yang menurut Anda tidak perlu dijalankan, lalu pilih Berhenti.

7. Minimalkan lampu layar

Semakin terang layar smartphone Anda, semakin banyak daya baterai yang tersedot. Apalagi jika layarnya memiliki resolusi Full HD atau Quad HD.

Jadi ini harus kita perhatikan juga bahwa baterai smartphone Android kita tidak habis dengan cepat. Lalu, coba ubah kecerahan layar dari otomatis ke manual. Lebih baik berada di level terendah. Tentu saja, yang utama adalah mana yang membuat mata kita nyaman.

Baca Juga:  Tips Membuat Password Yang Baik dan Aman

Selain itu, juga mengatur waktu tampilan (Sleep) dalam detik detik terendah saja. Jangan sampai berlama-lama lama, Anda hanya perlu masuk ke menu Settings, lalu atur di Display.

8. Hapus saja widget di Home Screen

Widget ini mungkin juga jarang diperhatikan. Misalnya widget cuaca, jam, kalender, dan sebagainya. Ini juga cukup berpengaruh untuk menguras baterai lebih jauh.

Jika tidak terlalu penting, Anda pasti ingin menghapus widgetnya. Biasanya, caranya adalah dengan menekan widget selama 2-3 detik, maka pilihan akan muncul untuk menghapusnya.

9. Jangan menyalakan GPS terus-menerus

Umumnya orang membutuhkan GPS saat membuka Map, untuk mengetahui peta jalan. Terkadang, sisanya tidak begitu penting.

Nah, jika memang begitu, maka jangan biarkan GPS Anda hidup dan terus. Hidupkan saja saat dibutuhkan lebih. Setelah selesai, segera matikan. Karena GPS dipastikan mengerahkan lebih banyak daya baterai ekstra. Bayangkan saja, sedikit saja Anda bergerak, maka dia lebih banyak bekerja.

Meski ada beberapa yang mengatakan bahwa GPS yang baik terus hidup, karena dalam mengantisipasi jika hilang atau dicuri, maka nantinya bisa dilacak. Nah, pada akhirnya memang semuanya terserah anda.

10. Jika Anda tidak perlu melakukan sinkronisasi, matikan saja

Nah ini salah satu kegiatan yang jelas menguras baterai secara konstan. Banyak aplikasi yang disinkronisasi. Seperti Dropbox, Evernote, aplikasi chat, dan sebagainya. Tentu hal ini perlu agar kondisinya menjadi yang terbaru.

Nah, meski sebagian itu yang kita butuhkan, tapi coba coba catat lagi, tentang mana yang tidak begitu dibutuhkan? Yang sebenarnya tidak selalu terbuka? Misalnya, Dropbox. Nah, tolong anda pertimbangkan, bagaimana kalau sinkronisasi Dropbox ini dimatikan dulu. Hidupnya akan tepat sebelum kebutuhan.

Ini serius, karena Anda bisa mencobanya sendiri, akan sangat berpengaruh. Apalagi kalau aplikasinya sudah disingkirkan, silahkan cek sendiri, batere anda benar-benar akan menghemat deh. Tentu, sesuaikan dengan kebutuhan.

11. Jangan gunakan Wallpaper Live

Wallpaper hidup itu adalah satu hal yang paling jelas tidak penting, namun pastinya juga menguras tenaga baterai, hehehe

12. Gunakan Battery Saver Application

Nah, kabar baiknya, semua aktivitas hemat baterai ini akan lebih mudah jika Anda menggunakan aplikasi penghemat baterai.

Sebenarnya itu semurah yang saya tahu, ada aplikasi yang bisa memberi tahu Anda apa pun yang menyebabkan baterai ponsel cerdas Anda habis dengan cepat, dan memberi tahu solusinya. Sebenarnya, ini bisa lebih dari yang dijelaskan artikel ini.

Lantas, apa aplikasi penghemat baterai itu?

Jika saya pribadi, ingin menggunakan default dari pabrik smartphone saya saja. Paling banter jika Anda bingung, Anda bisa melihat semuanya di PlayStore, lalu lihat bintang mana yang paling banyak mengulasnya, dan komentar terbaiknya.

Comments
To Top