Teknologi

Tips Membuat Password Yang Baik dan Aman

Password

Password adalah kode rahasia, password yang merupakan kunci untuk mengakses atau membuka sistem yang terkunci. Password juga bisa dipanggil dengan kunci.

Kata sandi bersifat rahasia, jika ada orang lain yang mengetahui kata sandinya, mungkin orang yang tidak berwenang tersebut akan menghapus atau mencuri file-nya. Jadi disarankan agar dalam waktu tertentu password harus diganti dan kerahasiaan itu terjamin, berikut ini tidak boleh digunakan:

Nama atau nama panggilan

nama orang tua, pacar, saudara atau orang dekat

sesuatu yang bisa diprediksi, seperti nama kota, jenis musik yang disukai oleh orang yang memiliki password

Kata sandi yang baik adalah kata kunci yang sulit ditebak oleh orang lain dan mudah diingat oleh Anda dan hal yang disarankan:

Menggunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil

Berisi angka dan karakter tanda baca (seperti?,! Dst)

Panjang minimal 6 karakter lebih panjang jelas lebih baik

Tidak mudah untuk mengetiknya

Microsoft kabarnya akan menerapkan peraturan penolakan terhadap penggunaan password yang mudah terlalu diingat, seperti 1234.

Bagi pengguna layanan Microsoft, sebaiknya mulailah mengganti password anda, password yang sulit ditebak, bukan pasaran.

Mengapa Microsoft melakukan ini, pada dasarnya karena kemarin setelah membocorkan 117 juta 000 data penting dari pengguna LinkedIn.

Mengingat itu, Microsoft mengembangkan sistem keamanan password baru. Sistem ini secara otomatis akan menolak market password yang dianggap terlalu mudah ditebak.

Dalam situsnya, Microsoft menyatakan sistem keamanan ini berlaku untuk semua produk digital Microsoft. Berikut daftar kata kunci yang dilarang dalam produk Microsoft diambil dari data SplashData, berikut adalah 25 daftar kata kunci yang tidak disarankan oleh Microsoft:

123456

kata sandi

12345678

qwerty

12345

123456789

sepak bola

1234

1234567

baseball

SELAMAT DATANG

1234567890

abc123

111111

1qaz2wsx

naga

menguasai

monyet

biarkan aku masuk

masuk

putri

qwertyuiop

solo

password

starwars

Microsoft menjelaskan bahwa mereka mencoba untuk membuat lebih sulit bagi hacker untuk mendapatkan akses ke akun pengguna.

Agar lebih aman, Microsoft menganjurkan pengguna untuk menggunakan password 8 karakter, dan menyertakan kombinasi huruf (plus modal) dan angka.

Jika kata kunci yang Anda gunakan sudah termasuk dalam daftar di atas, maka server Microsoft akan secara otomatis mengunci akun Anda agar tidak mudah rusak.

Tapi jangan khawatir, tentu Anda masih bisa mengganti password lagi menjadi lebih sulit.

Baca Juga:  Ini Dia Tips Jitu Membeli Laptop Secound

Membuat Password yang Baik dan Aman: Password adalah cara yang berguna untuk memberikan keamanan pada sistem komputer. Sistem komputer yang dimaksud bisa berupa aplikasi, database atau sistem operasi. Karena itu, buatlah kata kunci adalah ide bagus untuk tidak datang dan harus mempertimbangkan hal-hal tertentu. Banyak orang yang sewenang-wenang pada saat membuat password, tapi password ini adalah garis depan untuk sebuah sistem keamanan.

Di ujung trik komputer kali ini akan dijelaskan cara membuat password yang bagus dan aman. Begini caranya:

Setidaknya karakter password panjangnya adalah 7 (tujuh) karakter. Anda juga bisa membuat password yang lebih panjang untuk keamanan, tapi jangan sampai Anda lupa.

Isi kata sandi yang dibuat harus terdiri dari karakter dari tiga kelompok berikut.

Kelompok: Karakter (Besar / Kecil). Contoh: A, B, C, a, b, c, ……

Kelompok: Angka. Contoh: 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9

Grup: Simbol. Contoh:. / <>?; ‘: “[] \ {} | 1234567890 – = + _` ~

Gunakan setidaknya 1 (satu) simbol karakter pada baris karakter kata sandi Anda.

Jika sistem Anda menerapkan riwayat kata sandi, pastikan kata sandi baru Anda berbeda secara signifikan dari kata sandi Anda sebelumnya.

Kata sandi anda tidak boleh berisi nama atau nama pengguna anda.

Jangan gunakan kata-kata yang umum digunakan pada kata sandi. Ini termasuk kata-kata yang digunakan dalam kamus.

Beberapa contoh password yang memiliki keamanan yang baik adalah sebagai berikut.

a4 $ Jhi &]

3k> i% uA

O @ u # 5Nq

Password sebenarnya adalah sistem proteksi yang sangat lemah pada sistem komputer. Karena itu memilih password yang memiliki kekuatan bagus adalah suatu keharusan. Kenapa begitu? Alat cracking password kini lebih canggih dalam upayanya untuk memecahkan password, plus juga komputer yang digunakan dalam cracking password semakin baik kinerjanya. Password yang sebelumnya memakan waktu seminggu untuk dibongkar, maka sekarang bisa retak hanya dalam hitungan jam.

Software untuk crack password biasa menggunakan tiga macam metode yaitu: intelligent guessing (intelligent guessing), dictionary attack (dictionary attack) serta otomasi mencoba mencoba satu persatu kombinasi karakter. Bila diberi waktu yang cukup, maka metode otomasi bisa mematahkan password apapun. Tapi kalau passwordnya sangat kuat, butuh waktu lama untuk mengatasinya.

Cara Membuat Password Yang Mudah Diingat Tapi Sulit Untuk diretas

Baca Juga:  Game Pokemon Go Lebih Digilai Kalangan Lansia

Idealnya, kata sandi seharusnya tidak mudah ditebak oleh orang lain. Namun dalam kenyataannya, banyak orang senang dan sering membuat password yang mudah diingat, seperti nama, tanggal lahir, nomor hp, atau kata lain yang mudah ditebak dengan alasan agar tidak mudah lupa.

Kata sandi yang paling populer digunakan orang adalah “123456”, “123456789”, bahkan kata “password”. Kata sandi ini tidak aman karena sangat mudah ditebak. Kata sandi harus:

– minimal 6-8 karakter

– terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol

Lalu gimana trik mudah membuat password mudah diingat tapi susah ditebak? Disini kami sampaikan tip khusus untuk anda.

Kreatif, buat ungkapan!

Buat pasword sepanjang mungkin agar sulit di retas dan membutuhkan waktu lama untuk memcahkan sandi tersebut. Sebaliknya, makin sedikit atau pendek sebuah karakter password, semakin mudah membobolnya. Password yang banyak digunakan umumnya terdiri dari 6-8 karakter.

Tapi masalahnya, tidak semua orang bisa mengingat password yang panjang. Intinya bukan tentang panjang pendek kata kunci, tapi ciptakan kreativitas. Jadi biarpun kata sandi anda tidak terlalu lama, namun tetap sulit ditebak.

Caranya, buat frase yang mudah diingat. Misalnya yang menggambarkan tentang diri Anda atau hidup Anda. Misalnya “Saya Jatuh Cinta Dengan Sushi di Tahun 2013”. Kemudian ambil huruf pertama dari setiap kata, jadi passwordnya menjadi: “IFiLWSo2002”.

Kriteria password yang baik terdiri dari 11 karakter, huruf besar dan kecil plus angka. Jika ingin menggunakan karakter berupa simbol, ubah huruf I menjadi simbol “!” agar membuatnya lebih sulit ditebak.

Penting untuk diingat!

– Ubah huruf menjadi angka atau simbol untuk mempersulit orang lain menebak kata sandi Anda.

– Jangan membuat password dengan menggunakan nomor berurutan.

Password default yang diberikan layanan aplikasi. “1234”, “12345” atau dibalik menjadi “54321”. Jangan gunakan password yang bisa diprediksi seperti ini.

– Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun yang Anda miliki.

Kata sandi yang sama benar-benar membuat akun Anda rentan terhadap pemutusan.

– Anda juga bisa menggeser jari Anda 1 ke kiri atau kanan seperti seharusnya. Misalnya: password “newyork” menjadi “bwqtiej” (jika menggeser 1 tombol keyboard ke kiri) atau “mreuptl” (jika pindah ke kanan).

Comments
To Top