Unik

Hewan Berkemampuan Khusus yang Tidak Dimiliki Manusia

Hewan Berkemampuan Khusus

Kita belum bisa mengerti bagaimana hewan liar bisa memprediksi gempa bumi beberapa hari bahkan berminggu-minggu sebelum gempa terjadi. Ilmuwan berharap bisa mendapatkan lebih banyak informasi dan rahasia dibalik kemampuan hewan ini dengan memantau setiap perilaku hewan tersebut. Inilah Kemampuan Khusus Hewan yang tidak dimiliki manusia.

Lumba-lumba

Selain kecerdasannya, lumba-lumba ini juga dikenal karena kemampuannya untuk mengeluarkan gelombang suara dan mampu mendeteksi apa yang terjadi di sekitarnya dengan menafsirkan pantulan gelombang yang dipancarkannya. Lumba-lumba memancarkan gelombang suara dari organ di kepala mereka, yang fungsinya hampir seperti radar. Tujuan utama dari kemampuan khusus ini adalah bahwa lumba-lumba dapat mendeteksi adanya ancaman atau mangsa di sekitarnya, yang juga dapat mendeteksi kehamilan pada manusia.

Menurut para ahli, gelombang suara yang dihasilkan oleh lumba-lumba dapat digunakan untuk mendeteksi janin di perut ibu hamil. Dokter biasanya menggunakan “Ultrasound”, untuk menggambarkan (visualisasi) perkembangan janin, di mana beberapa gelombang ini dipantulkan kembali (gema) antara batas otot dan kulit. Hasil refleksi ultrasound kemudian dipadukan dengan komputer untuk mendapatkan gambaran detail janin di rahim.

Baca Juga:  Inilah Hewan Pembunuh Paling Mematikan di Australia

Dan ternyata, gelombang suara yang dikeluarkan oleh lumba-lumba memiliki kemiripan dengan gelombang ultrasonik, yang juga bisa mendeteksi kehamilan pada wanita. Bila lumba-lumba akan saling menstimulasi, mereka akan menempelkan mulut ke kulit dan melepaskan gelombang suara, di mana gelombang suara ini adalah bio-elektron terkonsentrasi (bio sonar), dan gelombang ini akan mengindikasikan apakah ada janin dari Reaksi yang ditunjukkan pada perut seputaran wanita.

Lebah madu

Lebah madu sudah lama mengeksploitasi manusia untuk menghasilkan madu murni yang enak dan sehat untuk dikonsumsi. Tapi apakah kamu kenal teman? Ternyata lebah madu juga bisa dilatih untuk mendeteksi ranjau darat dengan cara “menyamakan” aroma gula dengan bahan peledak. Honeybees bisa mendeteksi bom TNT “aroma” dari jarak 4,5 kilometer jauhnya (Jauh iya). Kamera termal digunakan untuk melacak pergerakan lebah madu ini. Penelitian tentang kemampuan khusus honeybee ini masih berlanjut, dimana lebah madu tersebut diharapkan bisa digunakan juga di bekas – bekas ladang ranjau, untuk mendeteksi apakah ada ranjau yang tertinggal. Lebah memegang gelar di “Guinness World Record” sebagai hewan terkecil yang bisa dijadikan detektor ranjau darat.

Baca Juga:  Ngeri! Inilah 6 Perairan Penuh Misteri yang Ada di Dunia

Kucing

Hampir semua orang menyukai hewan imut dan menggemaskan ini, dimana kucing menjadi salah satu hewan yang paling sering dijadikan hewan peliharaan dan bahkan sahabat oleh manusia. Beberapa pemilik memiliki kucing, mengatakan bahwa kucing mereka memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit. Meski kucing sebenarnya tidak memiliki kemampuan itu, namun kucing itu mampu mendeteksi penyakitnya.

Penyakit ini menyebabkan bahan kimia dalam tubuh berubah, dan kucing menggunakan indra penciumannya yang tajam untuk mengidentifikasi apakah seseorang sakit atau tidak. Kucing dapat mengumpulkan lebih banyak informasi dengan merasakan perubahan dalam suasana hati dan perilaku seseorang. Kucing juga bisa mendeteksi penyakit pada hewan lain. Ada seekor kucing yang memiliki “perkiraan” 25 kematian di sebuah panti jompo. Kucing itu bernama Oscar, dia menunjukkan kasih sayang yang tiba-tiba (sebelumnya Oscar sepertinya tidak peduli) kepada beberapa penghuni panti asuhan yang hampir meninggal. Pakar juga berhipotesis bahwa kucing bisa mencium dan merasakan organ – organ tubuh yang sudah mati atau hampir mati.

Comments
To Top